(Foto : Lukman Hqeem)


JagatBisnis.com –
 Menggandeng Gramedia Pustaka Utama sebagai penerbit, Suwito Harsono dan Michell Suharli, pada Senin (2/3) di Lake View Café, Gading Serpong – Tangerang meluncurkan buku “ORIDA Oeang Republik Indonesia Daerah 1947-1949” (Buku ORIDA)

Keunikan Buku ORIDA merupakan buku yang berisi gambar, deskripsi dan sejarah singkat tentang uang kertas atau alat tukar lain berbahan kertas yang berlaku di Republik Indonesia dalam kurun waktu 1947-1949.

Lebih dari 500 varians uang dan alat tukar kertas yang beredar di lebih dari 75 daerah di Republik Indonesia dimuat dalam buku dengan lebih dari 451 halaman dan penuh warna.

Michell Suharli, penulis Buku ORIDA mengatakan bahwa penerbitan ORIDA mengandung makna tentang eksistensi dan kedaulatan Republik Indonesia,”tegasnya.

Suwito Harsono, yang juga penulis buku ORIDA menjelaskan bahwa buku
ORIDA memuat uang dan alat tukar berbahan kertas yang saat ini jumlahnya sudah sangat terbatas, kondisi umumnya tidak bagus lagi dan jarang dikoleksi oleh para numismatis,”tuturnya.

“ ORIDA dalam buku ini merupakan heritage dari perjuangan para pahlawan dalam mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia,”ungkapnya.

“Buku ini mulai ditulis pada saat deklarasi pendirian MNI yaitu 02 Maret 2018, penulisannya selesai bertepatan pada Hari Uang Nasional yakni tanggal 30 Oktober 2019 dan akhirnya mulai dijual umum pada tanggal 02 Maret 2020 atau tepat 3 tahun sejak dimulai,”tuturnya.

“ Meski penulisan 3 tahun, namun upaya mengumpulkan uang-uang ini sudah lebih dari 10 tahun, baik di dalam maupun di luar negeri. Fakta menarik bahwa uang-uang daerah banyak disimpan oleh kolektor Belanda dan kondisinya pun masih relatif baik. Negara-negara seperti: Singapura, Malaysia, Korea Selatan, Jepang, China, Belanda, Jerman, Inggris, Australia dan Amerika, pemerintah dan rakyatnya sangat menghargai uang kuno dengan menyimpannya sangat rapi dan berani membeli dengan harga tinggi,”jelasnya.

Suwito Harsono dan Michell Suharli menutup acara peluncuran Buku ORIDA dengan menegaskan bahwa buku ini merupakan kontribusi moral mereka kepada bangsa dan negara untuk menyambut 75 tahun kemerdekaan Republik Indonesia. (boy)

Media : Jagat Bisnis
Terbit : 2 Maret 2020
Penulis : –
Url : https://www.jagatbisnis.com/baca_berita-nasional_1802_buku-orida-deskripsi-dan-sejarah-singkat-uang-kertas-kurun-waktu-19471949